tugas wawancara 1

01.15

Nama                           : Wafa Nursiham
NIM                            : 50100111038
Jurusan/semester         : Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI/B)/IV
Mata Kuliah/Dosen     : Wawancara Media Cetak & Elektronik/ Muh Bisri, S.Ksi

Hasil Wawancara dengan Pembantu Dekan (PD) 3 Bidang Kemahasiswaan
DR. H. Usman Jasad, M.Pd

1.      Bagaimana pandangan Bapak akan kebiasaan mahasiswa yang kerap kali berdemo dengan sikap anarkisme?
Jawaban:
Kebiasaan mahasiswa melakukan demo anarkis sangat disayangkan karenan hal tersebut mengganggu kepentingan umum. Perjuangan mahasiswa sejatinya ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas, namun ketika demo tersebut justeru mengganggu kepentingan masyarakat luas maka mulai muncul keraguan dan keprihatinan terhadapat sepak terjang mahasiswa.

2.      Bagaimana peranan pihak akademisi kampus kepada mahasiswa agar terhindarnya demonstrasi yang bahkan anarkisme?
Jawaban:
Pihak kampus dalam hal ini pimpinan dan dosen telah berusaha memberikan pemahaman kepada mahasiswa melalui berbagai momen bahwa menyuarakan kebenaran memang merupakan suatu keharusan, namun perjuangan tersebut harus dilakukan dengan cara-cara yang santun dan damai.Aspirasi mahasiswa dapat disalurkan melalui jalur dan mekanisme demokrasi yang ada tanpa harus mengganggu kepentingan umum. pihak kampus juga berusaha menyampaikan kepada penguasa agar memperhatikan aspirasi mahasiswa dan selalu memikirkan kepentingan rakyat, sebab kalau penguasa melakukan korupsi atau penyalahgunaan jabatan maka itu sangat berpotensi untuk menimbulkan aksi demo yang anarkis.

3.      Apakah dampak yang timbul (yang Bapak rasakan) bagi pihak universitas atau fakultas dari kegiatan demonstrasi yang kerap kali dilakukan oleh mahasiswa?
Jawaban:
Dampaknya adalah keluhan dan keresahan masyarakat yang merasa terganggu dengan demo anarkis menyampaikan kekesalannya kepada pihak universitas atau fakultas. Bahkan boleh jadi animo masyarakat menjadi menurun untuk memasukkan anaknya ke dalam perguruan tinggi.

4.      Apa solusi yang dilakukan pihak akademisi/birokrasi dalam mengatasi sikap anarkisme mahasiswa dalam bedemonstrasi?
Jawaban:
Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman yang benar kepada mahasiswa bagaimana menyalurkan aspirasi secara benar dan santun. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan harus diperbanyak dan melibatkan berbagai pihak termasuk unsur legislatif dan eksekutif sehingga mahasiswa dapat berdialog dengan mereka mengenai masalah-masalah kebangsaan.

5.      Apa harapan Bapak untuk mahasiswa Fakultas Dakwah & Komunikasi khususnya dalam kaitannya dengan demonstrasi yang anarkisme?
Jawaban:
Harapan saya, ke depan perjuangan mahasiswa harus lebih konkrit dan menyentuh kepentingan rakyat. Mahasiswa harus lebih proaktif dalam melakukan pendampingan bagi masyarakat bawah sehingga mereka dapat berdaya dalam hal ekonomi dan pendidikan, karena persoalan bangsa hari ini adalah kemiskinan dan kebodohan. Perjuangkanlah nasib rakyat kecil bukan dengan demo tapi dengan kerja nyata, datangilah mereka di pemukiman-pemukiman kumuh dengan memberikan pelatihan keterampilan sehingga mereka berdaya secara ekonomi, datangilah rakyat kecil di desa-desa terpencil berikan pemahaman tentang hak-hak politik mereka, buatlah program untuk anak-anak terlantar sehingga mereka dapat merasakan keadilan dalam hal pendidikan. Menurut saya, inilah demonstrasi yang sesungguhnya dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »