tugas wawancara 2

01.13

Nama               : Wafa Nursiham
NIM                : 50100111038
Mata Kuliah    : Wawancara Media Cetak & Elektronik
Dosen              : Muhammad Bisri, S.Ksi

“BERBAGAI PENYAKIT KOMPLEKS AKIBAT POLA HIDUP YANG TIDAK SEHAT”
1.      apa penyebab adanya penyakit-penyakit kompleks zaman sekarang yang diderita sebagaian manusia, padahal dulu tidak terllau banyak orang yang menderita penyakit yang komplikasi?
Jawaban:
            Karena teknologi pada zaman dulu belum modern seperti sekarang, sehingga zaman berbagai penyakit mudah dideteksi dengan alat-alat modern dan canggih yang ada. Kemudian pola makan dan pola hidup zaman dahulu dan sekarang berbeda.
2.      Bagaimana cara menjaga kesehatan dari makanan atau minuman yang ada di lingkungan kita yang notabene mengandung bahan-bahan yang konon membahayakan kesehatan?
Jawaban
            Harus menghindari makanan atau minuman yang membahayakan tubuh seperti makanan dan minuman yang instan. Namun sekarang makanan instan itu sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat itu sendiri.
3.      Bagaimana menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit kompleks/ apa saja yang harus dihindari dan diupayakan/dikonsumsi?
Jawaban
            Menjaga pola hidup sehat sebenarnya sudah diketahui banyak orang, namun terkadang mereka sendiri yang melanggar pola hidup itu. Seperti rokok, mereka tahu bahwa merokok itu berbahaya tetapi mereka merokok. Jeroan juga, makanan ini sangat popular di Indonesia, padahal kalau di luar negeri jeroan itu diberikan untuk hewan, makanan karnifora lain. Kalau di Makassar contohnya coto Makassar itu sebenarnya membahayakan, tetapi di Makassar ada sebagaian orang yang merasa kurang puas jika tidak makan coto dalam sepekan, ini dijadikan ritual atau makanan rutinan. Makannya perlu ada penyeimbangan pola hidup sehat.
            Untuk mengupayakan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan diberikannya edukasi (pendidikan) kepada masyarakat tentang pola hidup dan harus ada kesadaran darii setiap individu masing-masing.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »